Klik di sini ....

Ada yang menarik di sini ....

Selasa, 29 Maret 2011

Merawat Pakaian Agar Tetap Awet


Pakaian kesayangan yang sudah tak baru lagi sering tak bertahan lama dan mudah rusak saat dicuci. Ketimbang membuang dan membeli yang baru, rok atau kemeja favorit Anda bisa awet dengan perawatan tepat.

Ikuti beberapa langkah berikut untuk memperbaiki masalah pakaian yang sering dialami.
Putih kotor
Bercampurnya pakaian saat dicuci seperti kaus kaki, dengan kemeja biru  dan putih, membuat baju putih kesukaan kadang tercemar warna pakaian lain. Putihkan kembali pakaian dengan menggunakan pemutih klorin.

Ikuti petunjuk label, berikan pemutih pada lokasi tertentu kemudian tambahan sesuai dosis yang disarankan, jangan melebihkan dosis karena hanya akan merusakkan pakaian. Jangan menggunakan pemutih klorin pada pakaian yang melarang penggunaan klorin.
Hitam PudarSeperti halnya pakaian putih yang tak putih bersih lagi, pakaian hitam bisa tampak pudar. Hal ini terjadi karena pewarna pakaian hilang dengan cepat alias luntur. Cara menguji apakah pakaian hitam Anda luntur, tambahkan sejumlah kaporit dalam air cucian, jika luntur segera terlihat warna abu-abu dalam air.
Pada saat mencuci pakaian untuk pertama kali, gunakan deterjen anti-luntur karena mengandung bahan yang mengikat ion klorin sehingga warna lebih tahan lama.
Bintik pada Sutra
Untuk menghindari pakaian sutera yang berbintik, caranya percikkan air diatas sutra, wol atau kain halus lainnya. Kemudian, setrika pakaian tanpa menyentuhkan langsung pada kain. Gunakan kain pelapis.
Kerutan pada kain rajutan
Pakaian dari rajutan yang mudah dirawat seringkali berkerut saat kering. Untuk menghindarinya, sebaiknya tidak mencuci pakaian dari rajutan di mesin cuci. Saat mengeringkan, jangan sampai pengering kelebihan beban karena pakaian dari rajutan akan kering tidak sempurna dan rusak.

Selain itu, saat mengeringkan, pilih kecepatan lambat dan suhu yang lebih rendah. Setelah kering segera ambil pakaian, jangan membiarkan pakaian bercampur lama di pengering.
Pakaian dari kulit bergelombang
Bintik atau terkelupas pada sepatu kulit dan tas bisa dihilangkan menggunakan spidol permanen warna senada. Setelah meratakan warna kulit sepatu atau tas, lap dengan tisu untuk menghilangkan bekas spidol yang menodai kulit yang masih bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada hadiah di sini ....